Jadi, Kamu ingin membuat infografik?

Jadi, Kamu ingin membuat infografik?

 

Infrografik atau visualisasi data adalah salah satu cara yang efektif untuk mengkomunikasikan sebuah informasi. Ya, infografik memang sangat berguna dan sangat beautiful. Infografik akan lebih efektif dimana dilakukan dengan perancanaan dan monitoring yang tepat.

Berikut terdapat 4 tahapkreatif dalam membuat infografik yang informatif dan nyaman dilihat mata, semoga bermanfaat.

#1 BRAINSTORMING

Tahap pertama dari semua proses kreatif, Brainstorming. Pahami informasi sperti apa yang Kamu punya: apakah bertipe spasial? Krinologi? Kuantitatif? Atau gabungan dari ketiganya? Mengidentifikasi sebuah data dapat membati Kamu dan tim desain dalam menentukan mau seperti apa nantinya infografik yang Kamu butuhkan. Sebelum memikirkan mengenai “mau didesain seperti apa infografisnya?” Kamu harus tau betul apa tujuan Kamu membuat infografik tersebut.

Bekerjalah dengan team kamu dalam merumuskan gagasan yang brilian untuk infografik. Beberapa pertanyaan berikut dapat membantumu:

  1. Berapa banyak data yang kamu punya?
  2. Elemen dasar apa yang akan Kamu gunakan?
  3. Melalui infografik, kamu ingin menginformasikan apa mengajak/ persuasi?
  4. Siapa segment utamanya?
  5. Apa inti dari infografik yang Kamu buat?

 

# SELEKSI DATA

Memilah data yang akan disajikan memang harus menjadi suatu upaya bersama-sama antara tim yang mendesign data dan mensupply data. Bagaimana selera Kamu dan selera segmen yang akan kamu bidik mengenai penyajian data menentukan keberhasilan infografik kamu. Terdapat 3 tipe penyajian data yaitu:

  • Diagram, digunakan untuk mengilustrasikan garis waktu dari sebuah kejadian, proses step by step, atau rangkaian kegiatan dan hubungan sebab akibat.
  • Map, digunakan untuk mendemonstrasikan sebuah lokasi dari sesuatu dalam hubungannya kepada sesuatu hal lainnya atau sajian data kuantitatif terkait lokasi geografis.
  • Chart, digunakan untuk menunjukan ukuran dinamika. Hubungan distribusi atau proses organisasi

 

# DESAIN DAN PERENCANAAN

Jalin hubungan dengan seseorang yang memiliki keahlian dalam komunikasi digital terkait urusan publik. Atur meeting bersamanya dan diskusikan terkait rencana skala komunikasi untuk infografikmu. Dengan itu kamu dapat menciptakan bahkan mengimplementasikan suatu infografik yang tepat sasaran. Disaat infografik ter-schedule dengan mantap, temanmu yang ahli dalam komunikasi digital akan mendesain infografikmu berdasarkan data yang tersedia.

 

# DLL

  • Buat sebuah cerita. Semua cerita pasti memiliki awal dan akhir. Disaat menulis konten infografik, identifikasi isu serta dukungan data yang tersedia dan akhiri dengan kesimpulan dari infografikmu.
  • Integrasikan antara tim komunikasi digital dan desain. Tidak disarankan untuk melakukan proses desain terlebih dahulu sebelum tim komunikasi digital membuat perencanaan dan ringkasan kreatif.
  • Siapkan sebanyak mungkin informasi dengan segera dan lakukan rancangan tersebut lalu lakukan pertimbangan mengenai perspektif orang lain mengenai data yang akan kamu sajikan.
  • Jangan lupa menampilkan sumber data yang akan kamu sajikan dalam infografik.

 

0

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *