Blog

Pariwisata Kreatif dan Pemasaran Museum sebagai Destination Branding Museum Geologi Bandung
Pariwisata Kreatif dan Pemasaran Museum sebagai Destination Branding Museum Geologi Bandung Shandra Rama Panji Wulung Muhamad Haris Insan Kamil Rakotonindrina Onjaharimanana Program Magister Perencanaan Kepariwisataan Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan Institut Teknologi Bandung panjiwulung@students.itb.ac.id 95716010@students.itb.ac.id 128onjah@students.itb.ac.id Abstrak Museum merupakan tempat bagi para wisatawan untuk mengetahui benda, kejadian dan hasil penelitian terdahulu. Motivasi wisatawan mengunjungi […]

IRRIDEX

IRRIDEX
Pertama-tama kita kembali ke setengah abad lalu, tepatnya 42 tahun lalu, tahun 1975 (dimana pada saat itu sedang trending young movement atau lebih dikenal dengan sebutan Hippie), ternyata dilain sisi terdapat kekhawatiran yang nyata dan berpotensi menimbulkan dampak negatif oleh aktivitas pariwisata pada daerah tujuan wisata. Salah satu ahli yang menyadari akan hal tersebut adalah […]

Perencanaan Media Sosial untuk Event

Perencanaan Media Sosial untuk Event
  Persiapan dalam sebuah perhelatan (event) sangat diperlukan, terutama dalam mempersiapkan strategi media sosial. Sebuah perencanaan media sosial untuk event sebaiknya mencakup 5 langkah yang dilakukan secara bertahap. Apa saja ke-5 langkah tersebut? Mari kita pelajari lebih lanjut.   #1 Event PIC Langkah pertama ini memerlukan deskripsi singkat mengenai event yang akan dilaksanakan, berisikan: Nama […]

Potensi Geowisata Cekungan Bandung

Potensi Geowisata Cekungan Bandung
Potensi Geowisata pada Kawasan Cekungan Bandung Shandra Rama Panji Wulung Program Magister Perencanaan Kepariwisataan Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan Institut Teknologi Bandung panjiwulung@student.itb.ac.id  Abstrak Setiap ilmu memiliki objek penelitian yang unik, salah satunya geowisata. Geowisata berasal dari gabungan dua disiplin ilmu, yakni ilmu bumi dan ilmu pariwisata. Geowisata mencakup pariwisata geologi dan pariwisata geografi. […]

Geowisata Cekungan Bandung

Geowisata Cekungan Bandung
OK, terdapat hal menarik yang perlu Anda ketahui sebelum melangkah lebih lanjut kepada konten postingan kali ini yaitu dengan melihat (menjawab juga bisa sih, tapi jawab dalam hati saja yess) jawaban berikut: Apakah Geowisata itu, Pariwisata geografi? atau Pariwisata geologi? #1. Geowisata Geowisata merupakan pendekatan multidisiplin yang mencakup ilmu geografi yang secara konteks meliputi sosial, ekonomi dan budaya dimana hal tersebut […]

Pariwisata Kreatif & Pemasaran Museum

Pariwisata Kreatif & Pemasaran Museum
Museum merupakan suatu destinasi yang memiliki atraksi tersendiri bagi para pengunjung, hal itu dikarenakan museum menceritakan berbagai benda dan hasil penelitian terdahulu. Museum memiliki keterkaitan dengan sektor pariwisata, salah satunya yaitu dengan pemasaran museum. Motivasi pengunjun dalam memutuskan kunjungan ke museum adalah untuk rekreasi dan hiburan. Terhadap 413 pengunjung yang berkunjung ke Museum Australia menemukan […]